Minggu, 20 November 2016

Aceh



Keumamah Ikan kayu khas Aceh di kenal juga dengan nama Gulaie Keumamah, atau juga populer di sebut Eungkot Kayee. Pada dasarnya, Keumamah Ikan kayu khas Aceh adalah daging ikan tongkol yang di rebus, kemudian di keringkan dengan cara di salai ( diasap ), karena ikan kering menjadi keras seperti kayu. Maka di sebut juga sebagai ikan kayu ( engkot kayee ). Orang Jepang juga mengenal ikan kering seperti ini, di sebut katsubushi. biasanya di serut halus sebagai penyedap rasa berbagai kuah.
Di Aceh, Keumamah Ikan kayu khas Aceh atau ikan kayu di sayut tipis-tipis dan di lembabkan kembali dengan cara merendam nya di dalam air panas, sebelum kemudian di masak dalam bumbu gulai bersantan tebal yang kaya rempah. Kelezatan dan kegurihan Keumamah Ikan kayu khas Aceh membuat disukai banyak orang . karena gulai ini sangat lemak, sebaiknya di santaap dengan nasi pulen yang panas.
Rasa matching dari minyak kelapa di imbangi dengan cita rasa asam yang di ciptakan oleh asam sunti ( belimbing wuluh di keringkan ). karena termasuk gulai, finishing touch untuk masakan ini adalah daun salam koja ( juga disebut daun kari, daun kari pula, atua temurui ). Sesuai kesukaan masing-masing , Keumamah Ikan kayu khas Aceh dari rumah ke satu rumah lain dapat tampil pedas hingga sangat-sangat pedas sekali. Maklum , untuk membuat Keumamah Ikan kayu khas Aceh di pakai tiga jenis cabai yaitu cabai rawit, cabai merah, cabai hijau. Bukan masakan Aceh bila tidka pedas. Untuk membuat lebih menyenangkan , gulai Keumamah Ikan kayu khas Aceh juga sering di isi dengan kentang, kacang panjang, atau sayur-mayur lainya, seperti: jantung pisang, atau terung telunjuk.
Resep Membuat Keumamah Ikan kayu khas Aceh
Bahan :
500 gram ikan tongkol kering ( ikan kayu, eungkot kayee )
100 gram kentang
Bumbu :
50 gram asam sunti
25 gram cabai merah
25 gram cabai hijau > biarkan utuh
50 gram bawang merah
2 siung bawang putih
1 kelingking kunyit
Garam secukupnya
5 lembar duan jeruk nipis
1 tangkai daun kari
200 ml minyak kelapa
Cara Memasak :
  • Ikan kayu di sayat tipis-tipis, atau di suwir-suwir , lalu di rendam di air panas sampai lunak kembali
  • Bumbu-bumbu keculai cabai hijau , daun jeruk nipis dan daun kari di haluskan . tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai matang.
  • Tambahkan minyak kelapa, masukan ikan kayu. Masukan kentang, kacang panjang, dan cabai hijau utuh. Tambahkan air bila di perlukan. Masak sampai mendidih.
  • Bila kurang menyukai masakan yang berminyak. Penggunaan minyak kelapa dapat di kurangi sebanyak mungkin – misalkan hanya satu sendok makan untuk menumis umbu dan pemasakan di lakukan dengan air , sajikan dengan nasi pulen panas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar